Kamis, 13 Juni 2019

KISAH 03 – Apakah Pilihan Jodohku sudah Tepat?


Assalamu’alaikum sobat blog,
Saya akan melanjutkan cerita pribadi saya ya, mulai sabtu lalu saya sudah janji untuk menuliskan kisah hidup perjuangan saya mencari jodoh, membina keluarga, dan mandiri bekerja sebagai wirausahawan dengan didampingi istri anak tercinta sampai sekarang. Nah, tiap sabtu InshaAllah saya khususkan untuk menuliskan kisah hidup pribadi saya itu, dengan harapan anda sebagai pembaca blog saya ini bisa mengambil pelajaran, inspirasi, motivasi, dan manfaat dari kisah nyata yang saya ceritakan. Ambil yang positifnya, jangan ambil yang negatifnya …hehehe..
Bagi yang ketinggalan cerita minggu lalu bisa baca dulu di Link ini : KISAH 02
——————————————————————————————————————————————–
Sudah menemukan jawaban dari pertanyaan dany di edisi 02 lalu? (sudah dany kasih waktu 2 minggu untuk beri jawabannya.. masa’ ga bisa jawab? hehehe.. – maaf ya, sabtu kemarin di tgl 18 juli dany ga bisa update blog karena masih sibuk urusan silaturrahim idul fitri, tapi ya ga pa pa sekalian kasih tempo buat yang mau jawab pertanyaan).
Ku ulang ya pertanyaannya :
aku dalam memilih jodoh itu hanya pakai 2 kriteria penting. 2 kriteria ini sebagai pedoman bagiku dalam memilih jodoh, jika salah satu kriteria ini tidak ada dalam diri ‘dia’ maka aku tidak akan meneruskannya. Ada yang bisa menebaknya?
Pengen tau jawabannya? Ok lah,, daripada sama penasaran semua, kuberitau deh… catat ya.. sapa tau bisa jadi pertimbangan sobat dalam memilih jodoh juga 😉

KRITERIAKU DALAM MEMILIH JODOH

Cukup 2 saja kriteria penting yang merupakan keharusan bagiku dalam pertimbangan memilih jodoh, kriteria selain 2 itu bukanlah keharusan.
Kriteria Pertama yang kujadikan kriteria utama dalam memilih jodoh, dalil dari hadits ini membahas tentang itu:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعِ خِصَالٍ : لِمَالِهَا وَجَمَالِهَا وَحَسَبِهَا وَدِينِهَا ، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ
Rasulullah SAW bersabda : ”Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena kecantikannya, karena nasabnya, karena agamanya. Maka pilihlah alasan menikahinya karena agamanya. Kalau tidak maka rugilah engkau” (HR. Bukhori no. 5090, Muslim no. 1466)
Maksud hadits diatas adalah kecenderungan orang umum menikahi wanita karena melihat empat unsur diatas, kemudian Rasulullah SAW menjelaskan tujuan yang sebenarnya dalam sebuah rumah tangga dengan “Maka pilihlah alasan menikahinya karena agamanya. Kalau tidak maka rugilah engkau”.

Bisa tebak apa kriteria pertama pilihan jodohku berdasar hadits diatas?

Ya Benar,, aku memilih jodoh / pasangan berdasar Agamanya, bagaimanakah selama ini ‘si dia’ menjalankan ibadahnya, tertib ga sholatnya? Ngajinya? bagaimana adab perilakunya, baik ga? kelakuan dan cara bicaranya apakah mencerminkan wanita yang sholihah? Pertimbangan berdasar AGAMA ini penting jika ingin membentuk keluarga yang harmonis, rukun, sakinah, mawaddah wa rohmah, punya anak yang sholih sholihat, dan bahagia dunia akherat. Believe me.. hadist diatas shohih sabda Nabi Muhammad yang memang mengarahkan kita untuk memilih berdasar AGAMA, bukan karena paras wajah, harta, ataupun pangkat..

Memang, kadang kita hanya bisa menilai dari luarnya sehingga bisa salah penilaian kalau terburu-buru, makanya penilaian yang tepat untuk kriteria pertama ini membutuhkan waktu untuk mencari tahu tentang ‘si dia’ dan juga penilaian dari orang lain.

Oleh karena itu, sejak pertemuan tak terlupakan dengan si cantik nan manis yang bernama Lina – karanganyar… sesuai catatan yang kutulis ^.^ , aku langsung menyelidiki siapa dia. Apakah Pilihan Jodohku ini sudah Tepat?

Aku mengecek ketertibannya dalam mengaji, dan juga menanyakan pada beberapa teman tentang Lina,, so far so good.. tidak ada yang negatif, sepengetahuanku juga ok. Untuk memantapkan hasil tentang ini, aku butuh waktu sekitar hampir 1 tahun.

Setelah merasa OK di Kriteria Pertama, aku mulai melihat pertimbangan KRITERIA PENTING YANG KEDUA..
eh, sepertinya tulisanku sudah banyak nih,, entar yang baca bisa bosan n ngantuk nie.. dilanjut edisi berikutnya yaa…

Tapi sebelumnya, aku mau tanya ke sobat, kira-kira kriteria penting kedua apa hayo?? yang pertama sudah aku beritahukan, masa’ nebak yang satu lagi ga bisa juga.. 🙂 , coba sobat jawab kira-kira apa.

Tunggu jawabannya dalam “KISAH 04 – Apakah Dia Jodoh Pilihan Allah yang diperuntukkan bagiku?” ? di edisi artikel sabtu depan! InshaAllah ya.. dan jangan bosan baca cerita saya, ikuti selalu kelanjutannya… ^_^
#spesial untuk istri dan anakku tercinta

0 komentar:

Posting Komentar